KLINIK PSIKONEUROLOGI HANG LEKIU: Klinik Kesulitan Belajar, Kebutuhan Khusus, dan Tumbuh Kembang Anak

DETEKSI, KONSELING, DAN INTERVENSI

Klinik Kesulitan Belajar, Kebutuhan Khusus, dan Tumbuh Kembang Anak

Mengenali kemampuan proses kerja otak dapat diketahui dari  proses working memory yang cukup kompleks.   Kemampuan tersebut membutuhkan sejumlah tahapan seperti kosentrasi, memori, neurotransmitter dan minat. Oleh sebab itu dalam proses working memory terdapat juga  proses  penyimpanan memori yang juga  melalui sejumlah tahapan, diantaranya adalah proses encoding, consolidationstorage, serta retrieval.

Semua proses tersebut adakalanya  mengalami defisit   sehingga dalam proses penyimpanan  dan proses pemanggilan memori membutuhkan waktu yang cukup  lama.  Penurunan kemampuan tersebut dapat bersumber dari sejumlah masalah diantaranya adalah faktor keseimbangan antara pikiran dan perasaan.

hasil eeg emotive

Hasil pemeriksaan EEG untuk melihat keseimbangan antara pikiran dan perasaan sehingga diperoleh strategi belajar yang cocok dengan anak (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Dalam kenyataanya sejumlah gangguan dalam proses penyimpanan, memori juga dapat bersumber dari proses gangguan psikologi sehingga proses penyimpanan  informasi tidak dapat bertahan lama.

Dalam pemeriksaan EEG di atas dapat diketahui sejauhmana seseorang dapat menyeimbangkan antara fungsi pikiran dan perasaanya sehingga dicapai kosentrasi belajar yang   optimal.

 

Pengukuran serta Deteksi Dini Efektivitas Fungsi Otak dan Regulasi Emosi

Pengukuran pola frekuensi otak ( 0-70 Hz) dengan menggunakan EEG yang diterjemahkan dalam grafik symbol warna dapat digunakan untuk menjelaskan kerja neuron dan neurotransmitter di area cerebral cortex. Pemeriksaan ini sangat penting agar dapat diketahui penyebab dan efektifitas pemberian intervensi secara terukur  perkembangannya.

EEG

Alat EEG yang digunakan pada pemeriksaan fungsi otak dan regulasi emosi di Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Gelombang Otak

Gelombang otak dan fungsinya dimana dapat diketahui aktivitasnya dari pemeriksaan EEG (dikutip dari http://firwany.blogspot.co.id/2010/07/spektrum-gelombang-otak-manusia.html)

Pemeriksaan Kesulitan Belajar Dan Berkebutuhan Khusus

Tes ini ditujukan untuk mengetahui apakah anak memiliki gangguan belajar sebagai akibat gangguan biologis, neurologis atau neuropsikologis. IQ bukan jaminan anak akan sukses secara akademik, akan tetapi gangguan fungsi dan hambatan fungsi-lah yang akan mengganggu anak secara akademis di sekolah.  Gangguan kosentrasi, memori,         pemahaman, Slow Learner, Disleksia, Diskalkulia, Autis (Asperger), PDD-NOS, ADD, ADHD, manik-depresif dapat diketahui akar penyebabnya dari pemeriksaan kesulitan belajar.  Melalui test ini akan diketahui  sumber penyebab gangguan agar intervensi dapat lebih efektif di jalankan. Intervensi yang digunakan adalah metakognitif, sensori integrasi, fisioterapi, terapi wicara.

EEG Anak Normal vs ABK-2

Dari gambar terlihat perbedaan neurotransmiter di otak pada anak normal dan anak kesulitan belajar dengan pemeriksaan EEG (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Pemeriksaan Bakat Dan Minat

Bakat dan minat ditujukan untuk mendapatkan gambaran kombinasi bakat yang kemungkinan diturunkan dari kedua orang tua serta  minat yang  ingin diaktualisasikan seorang anak di dalam pekerjaannya nanti. Dalam   kenyataannya sering terjadi bagaimana sebuah potensi yang dimiliki berbeda akualisasinya dengan minat yang ada.

Kecerdasan, sikap kerja, skill, potensi  yang dimiliki oleh    individu tidak menjamin kesuksesan di masa depan.  Justru minatlah yang dapat mendorong seseorang mencapai kesuksesan. Bakat dan minat sudah dapat terlihat diusia 14 tahun. Tes ini sudah dapat dilakukan pada saat siswa ingin mengambil penjurusan di SMA, yaitu IPA, IPS, Bahasa, atau Sekolah Menengah  Kejuruan (SMK).

Pemeriksaan Kepribadian

Tes kepribadian adalah sebuah tes psikologi yang di tujukan untuk mengenal lebih jauh kepribadian diri seseorang. Dengan mengetahui kepribadian diri, kita dapat  mengetahui:

  • Kelebihan dan kelemahan yang miliki, dan meningkatkannya
  • Potensi-potensi diri yang ada pada diri dan mengoptimalkannya untuk kesuksesan dalam karir dan kehidupan
  • Jenis pekerjaan apa yang paling cocok dengan kepribadian karakter, sehingga melakukan pekerjaan tersebut dengan bahagia. Bahagia karena pekerjaan tersebut cocok.
  • Dapat menempatkan diri dalam menjalin relasi dengan orang lain sehingga dapat membantu kesuksesan.
  • Untuk memperbaiki hubungan dengan pasangan atau relasi teman sekerja.
  • Untuk mengetahui jenis pola asuh yang dibutuhkan seorang anak.

 

Pemeriksaan Gangguan Emosional

Tes ini ditujukan untuk mengetahui kecerdasan   emosional yang dimiliki seseorang. Dengan mengetahui hal tersebut seseorang sudah tentu dapat meregulasi emosinya dengan baik saat berintreaksi di lingkungan.  Seseorang yang  mengalami gangguan emosional biasanya sulit untuk berdaptasi dengan lingkungan  sehingga  mengalami       masalah dalam bersosialisasi.  Oleh karena itu perlu diintervensi dengan CBT dan  konseling keluarga.

 

Pemeriksaan untuk profesi pekerjaan

Layanan penelusuran profesi pekerjaan dapat diketahui dari kemampuan akademis didukung dengan minat & bakatnya, serta tantangan yang akan dihadapi saat penjurusan atau kuliah nanti. Melalui layanan tes minat & bakat, Psikolog kami akan membantu siswa melihat potensi yang ada pada dirinya.sehinga siswa mampu berpikir realistis dalam memilih jurusan yang  tepat saat kuliah nanti.

 

Pemeriksaan Intelegensi 

Inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah,    berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa inteligensi    adalah suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional.

Kemampuan intelegensi dapat di ketahui dari kemampuan  verbal dan persepsi visual. Bedasarkan ini dapat diketahui  efektifitas kerja otak kanan dan kiri. Kecerdasan emosional dan kecerdasan dalm fungsi berpikir juga dapat diketahui dari test ini. Para peneliti telah lama meyakini bahwa kapasitas  intelegensi ada yang dapat di tingkatkan dengan sejumlah intervensi. Intervensi yang sangat efektif untuk mengatasi    kesulitan belajar adalah intervensi  metakognitif.

 

Jenis Pelayanan yang Digunakan

  1. Intervensi Metakognitif
  2. Terapi Sensori Integrasi
  3. Terapi Art & Musik
  4. Terapi Wicara
  5. Intervensi Neurofeedback
  6. Fisioterapi Sensori Motorik
  7. Terapi CBT dan Konseling Keluarga
  8. Hipnosis
  9. Training Orang Tua dan Guru
  10. Homeschooling Metakognisi Internasional
  11. Persiapan sekolah ke luar negeri

 

Kontak

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sdr. Agus (08561785391)

 

 

 

 

 

%d blogger menyukai ini: