Pelayanan Play Group dan TK Berkebutuhan Khusus Terlengkap

Pelayanan anak berkebutuhan khusus pada usia dini dapat dilakukan setelah anak diduga mengalami masalah tumbuh kembang.  Oleh karena itu pendidikan anak berkebutuhan khusus harus berbeda dengan anak normal.  Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian pelayanan pendidikan terhadap hambatan yang dimiliki.

Anak dengan kebutuhan khusus (special needs children) dapat diartikan secara sederhana sebagai anak yang lambat (slow) atau mengalami gangguan (retarded) yang tidak akan pernah berhasil di sekolah sebagaimana anak-anak pada umumnya.

Deteksi dini dan Diagnosa Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus dibawah usia lima tahun secara mudah dapat diketahui oleh orang tua ketika mengalami masalah keterlambatan tumbuh kembang.  Masalah tumbuh kembang pada anak usia dini yang dapat diduga ataupun didiagnosa sejak usia dini antara lain Autism Spectrum Disorder (ASD), Global Development Delay, Cerebral Palsy, Down Syndrome, Slow Learner, Borderline, ADHD, dan gangguan Sensory Processing Disorder (SPD) atau Sensory Integration Disfunction.

Beberapa ciri anak usia dini (dibawah 5 tahun) mengalami masalah tumbuh kembang di atas antara lain:

  1. Tidak dapat fokus melihat/menatap mata kita saat berbicara
  2. Mengalami keterlambatan bicara
  3. Tata bahasa yang susunannya terbalik, atau bahkan “membeo” menirukan apa yang kita tanyakan.
  4. Mereka dalam sosialisasi lebih senang menyendiri/ asyik dengan dunianya sendiri
  5. Olah motorik, koordinasi antara otak dan otot yang kurang sesuai atau mengalami keterlambatan.
  6. Cara berkomunikasi pada kasus-kasus tertentu menggunakan fisik, karena tidak dapat mengolah rasa (mengenal sedih, senang, marah, benci dan bahagia).
  7. Termasuk tidak memiliki rasa motivasi/dorongan dalam sosialisasi dan kompetisi
  8. Tidak dapat melakukan aktifitas keseharian dengan mandiri, makan minum, meletakkan sesuatu pada tempatnya, harus dengan pengarahan dan konsistensi.
  9. Memiliki gangguan dalam mengelola emosi.

Jika dirasakan buah hati mengalami hal di atas, maka sebaiknya diperiksakan ke psikolog anak ataupun dokter anak.  Setelah itu segera untuk diintervensi atau diterapi untuk memperbaiki fungsi yang  bermasalah  tersebut.  Akan lebih baik jika sekolah usia dini yaitu TK dan PAUD tersebut terintegrasi dengan pelayanan terapi.

Pelayanan Pendidikan Usia Dini (Play Group dan TK) Berkebutuhan Khusus secara lengkap.

Salah satu pelayanan di Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu adalah Play Group dan TK untuk anak berkebutuhan khusus.  Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, anak berkebutuhan khusus memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka.  Mereka membutuhkan fasilitasi dan kondisi belajar yang sesuai dengan kekurangan dari tiap individu.  Oleh karena itu pelayanan pendidikan usia dini bagi anak berkebutuhan khusus seharusnya terintegrasi dengan proses terapi.  Hal ini ditujukan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan fungsi tubuh yang mengalami hambatan.

Pelayanan pendidikan anak usia dini di Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu antara lain

  1. Pembelajaran Pengenalan Membaca, Tulis, Berhitung dan Sosialisasi
IMG-20180220-WA0020
Proses belajar dan pengenalan simbul huruf  dan angka (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)
IMG-20180217-WA0003
Ruangan bermain (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Pengenalan simbol huruf dan angka kepada anak usia dini yang dilakukan dengan cara bermain atau hal yang menyenangkan. Anak bermain sambil belajar.  Mereka diperkenalkan simbol huruf dan angka melalui permainan.  Hal ini juga untuk melatih self-awareness anak serta faktor psikologis lainnya yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

  1. Fisioterapi
IMG-20180217-WA0006
Ruang fisioterapi untuk anak yang mengalami delay development (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Fisioterapi dilakukan untuk memperbaiki gerak dan fungsi organ tubuh gerak seperti otot, tulang, dan syaraf.  Fisioterapi diterapkan kepada anak berkebutuhan khusus agar gerak dan fungsi organ geraknya yang mengalami keterlambatan menjadi lebih optimal.

Melaui proses fisioterapi tersebut, anak dilatih untuk menggerakkan tubuh dengan baik seperti merangkak, berdiri, melompat, dan berjalan.  Khususnya pada anak yang mengalami keterlambatan perkembangan seperti Global delay development, cerebal palsy, dan down syndrom.

  1. Renang dan Hidroterapi
hidroterapi
Hidroterapi yang dilakukan pada anak berkebutuhan khusus (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Renang dan hidroterapi adalah salah satu metode dalam fisioterapi.  Metode ini menggunakan air sebagai alat bantu dan media proses terapi yang dilakukan.  Renang dan hidroterapi yang dilakukan pada anak berkebutuhan khusus membuat proses terapi menjadi lebih menyenangkan karena dilakukan di luar ruangan.  Selain itu anak juga dapat bermain dan gerak lebih leluasa di air dibandingkan di dalam kelas.

  1. Terapi Sensori Integrasi
IMG-20180217-WA0004
Ruang terapi sensori integrasi (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

Terapi sensori integrasi dilakukan untuk memperbaiki fungsi organ penginderaan dalam menerima, memproses, dan merespon rangsangan dari lingkungan.  Anak berkebutuhan khusus mengalami permasalahan dalam sensori integrasi atau sensory processing disorder (SPD).  Permasalahan ini harus diperbaiki melalui terapi sehingga proses sensori yang terjadi menjadi optimal.

  1. Pelayanan Dokter dan Gigi
IMG-20180220-WA0002
Ruang pelayanan dokter gigi (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

IMG-20180220-WA0010
Ruang tunggu pemeriksaan dokter (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)

 

 

Pelayanan Dokter dan Gigi merupakan pelayanan preventif dan kuratif dari masalah kesehatan yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus.  Pelayanan ini memudahkan orang tua jika anak mengalami masalah di kesehatan di sekolah.  Pelayanan ini juga memberikan pemeriksaan secara berkala terhadap tumbuh kembang anak yang terintegrasi dengan pelayanan pendidikan.

Program pelayanan Play Group dan TK Berkebutuhan Khusus dilakukan Senin – Jumat dan dibuka pada 1 Agustus 2018.  Pelayanan ini dibatasi hanya untuk 16 siswa per angkatannya.  Pelayanan yang diberikan tersebut terintegrasi antara pendidikan dengan terapi.  Sehingga proses perbaikan fungsi diharapkan menjadi optimal karena dibantu dengan tumbuh kembang anak yang mengalami golden age period di usia 5 tahun.

Untuk informasi dan pendaftaran Play Group dan TK dapat menghubungi sdr. Muhbikun (0822-1338-6726 WA/SMS/TELP).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.