Pelatihan dan Program Magang Kasus Kesulitan Belajar

Publikasi Paket Training

Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu mengadakan program training dan magang untuk kasus kesulitan belajar di awal tahun 2018.  Program ini diluncurkan bertujuan untuk memperluas wacana kesulitan belajar dan intervensinya di Indonesia.  Hal ini dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya kasus kesulitan belajar yang terjadi di sekolah formal.  Fenomena ini tidak diiringi dengan jumlah pusat terapi dan sumber daya manusia terapis yang terlatih untuk menangani kasus kesulitan belajar di Indonesia.

Penanganan anak kesulitan belajar berbeda dengan anak berkebutuhan khusus sehingga memerlukan pendekatan yang spesifik karena mereka masih mampu bersekolah di sekolah formal.  Sering kali pendekatan remedial yang dilakukan oleh guru di sekolah mengalami kegagalan karena adanya masalah psikologis yang sifatnya klinis. Sehingga anak dengan kesulitan belajar harus ditangani oleh ahli yaitu psikolog pendidikan atau anak agar permasalahan klinisnya terselesaikan terlebih dahulu baru mereka dapat belajar seperti siswa lainnya.  Jika permasalahan klinis ini selesai, maka siswa dapat kembali ditangani oleh guru dengan program remedial yang dilakukan di sekolah.

Berdasarkan uraian di atas, anak kesulitan belajar bukanlah anak berkebutuhan khusus karena tidak memiliki kecatatan atau disfungsi secara fisik dan mental.  Namun mereka mengalami permasalahan yang serius dalam hal akademis dan masih dapat terperbaiki.  Hal ini terbukti siswa yang mengalami kesulitan belajar mampu berpretasi hingga tingkat universitas ternama jika diintervensi dengan tepat sejak dini.

Hal ini adalah menjadi unik karena anak kesulitan belajar sering kali juga mengalami komorbiditas atau terjadinya dua gangguan atau lebih pada satu individu. Adapun kasus kesulitan belajar yang terjadi pada anak dari tingkatan PAUD hingga Sekolah Dasar adalah:

  1. Slow Learner
  2. ADHD (Attention Deficit / Hyperactivity Disorder)
  3. ADD (Attention Deficit Disorder)
  4. Dyscalculia
  5. Keterlambatan Bicara (Specific Language Impairment & Speech Delay)
  6. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
  7. Depresi Pada Anak dan Remaja
  8. Sensori Integrasi dan Sensory Processing Disorder
  9. Dyslexia

 

Guru, psikolog, konselor, terapis, orang tua, dan pemerhati pendidikan memiliki peranan penting dalam mendeteksi serta memberikan intervensi terhadap permasalahan kesulitan belajar yang dialami oleh anak.  Di sisi lain, mahasiswa program psikologi ataupun keguruan sebagai calon ujung tombak pendidikan di masa depan juga perlu memperluas pengalaman kesulitan belajar sebelum terjun di lapangan.  Kepekaan deteksi dini dan bagaimana intervensinya atas kasus kesulitan belajar dari stake holder pendidikan formal tersebut akan sangat membantu anak sehingga pencapaian akademisnya menjadi optimal.  Sehingga program pelatihan dan magang ini menjadi penting bagi lembaga ataupun individu yang berhadapan dengan kasus kesulitan belajar.

Program pelatihan ini dilakukan oleh Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu, yang telah teruji dengan menangani kasus kesulitan belajar hamper 10 tahun dengan lebih dari 1000 kasus individual. Keberhasilan penanganan kasus kesulitan belajar inilah yang akan dibagikan kepada peserta pelatihan. Peserta dapat mengasah keterampilan deteksi dini dan intervensi kesulitan belajar dari berbagai kasus dengan keunikan yang berbeda-beda.

Program pelatihan dan magang ini dirancang dilakukan selama 12 minggu atau 3 bulan.  Adapun materi yang diberikan adalah

  1. Pengenalan & Pendalaman Teori
  2. Video Kasus, Bedah Kasus (Blind Cases)
  3. Pelatihan untuk observasi dan Intervensi
  4. Cara Analisa Test Psikologi

 

Diharapkan dengan waktu yang relatif panjang ini, peserta lebih dapat memahami dan mempraktekkan keterampilan deteksi dini serta intervensi kesulitan belajar selama program ini berlangsung. Pelatihan juga dilakukan secara dalam kelas kecil sehingga lebih diskusi yang dilakukan dengan pemateri dan kepala Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu, Dr. (cndt). Melani Arnaldi, S.Psi., M.Psi., Psi. dapat lebih optimal.  Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi sdr. Agus (08561785391).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.