Serial “Seminar Introduction to Learning Disability & Neuropsychology”: Pengarusutamaan Wacana Kesulitan Belajar di Pendidikan Dasar Indonesia.

Wacana kesulitan balajar dan intervensinya di Indonesia khususnya di Jakarta masih belum menjadi wacana utama.  Masalah ini merupakan masalah real dan menjadi isu yang mendesak di pendidikan dasar karena banyak pemangku pendidikan seperti orang tua, guru, manajemen sekolah hanya mengetahui sedikit dan terpecah-pecah tentang informasi kesulitan belajar serta bagaimana menindaklanjutinya.  Kasus ADHD, ADD, Slow Learner, Dyscalculia, Dyslexia, Asperger, PDD-NOS adalah sekelumit diantara kasus anak dengan kesulitan belajar yang jika ditangani sejak dini akan terperbaiki dan mampu bersekolah di sekolah dasar umum.

Di sisi lain, pemahaman masyarakat tentang kesulitan belajar pun bukan menjadi isu utama dalam dunia pendidikan karena memang jumlah anak yang mengalami kesulitan belajar seperti ADHD, ADD, Slow Learner, Dyslexia, Dyscalculia, PDD-NOS dan Asperger memang tidak mencapai 20% dari populasi di kelas.  Di sisi lain anak kesulitan belajar dengan gangguan di atas bukanlah anak berkebutuhan khusus dan tidak selayaknya dimasukkan ke sekolah berkebutuhan khusus. Anak kesulitan belajar pun punya masa depan yang panjang dan tidak tertutup kemungkinan berprestasi dikemudian hari.  Kesulitan belajar adalah bukan vonis yang menutup masa depan seorang anak menjadi suram ataupun tidak berprestasi di masa depan. Leonardo Da Vinci, Einstein, Tom Cruise adalah beberapa tokoh berprestasi di bidangnya namun mengalami kesulitan belajar di usia sekolah.

Perkembangan kesulitan belajar di dunia pendidikan dan psikologi sudah bekembang sangat pesat.  Kesulitan belajar kini penanganannya sudah terintegrasi dalam bidang neurosains seperti neurologi dan neuropsychology.  Penelitian kesulitan belajar pun telah ditelaah antara lain dengan kekhususan kedokteran anak, neurologi, psikiatri, psikologi, pendidikan dan lain-lain.  Perkembangan Kasus kesulitan belajar seperti ADHD telah diteliti dengan mendalam oleh kedokteran anak, psikiatri, psikolog anak pendidikan, dan intervensinya oleh praktisi psikolog dan pendidikan.

Untuk memperluas wacana kesulitan belajar bagi pemangku kepentingan pendidikan di Jakarta, Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu mengadakan seri seminar “Introduction to Learning Disability & Neuropsychology” dengan pembicara tunggal Dr. (Candt). Melani Arnaldi, M.Psi.,Psi. sebagai Kepala Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu dan ahli neuropsikologi anak.  Dalam serial seminar ini membahas berbagai kasus kesulitan belajar  dan bagaimana menanganinya di sekolah dasar, serta perkembangan neuropsychology terbaru.

Jpeg
Seminar Dyscalculia, Maret dan April, 2017 (Klinik Psikoenurologi Hang Lekiu).

 

2016123143701
Penayangan Video Kasus dan Intervensi dalam Seminar Slow Learner  di pandu oleh Dr. (Candt.) Melani Arnaldi, M.Psi.,Psi. (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu)
20151219102837
Testimoni orang tua dalam menangani anak slow learner di acara Seminar Kupas Tuntas Slow Learner (Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu).

Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu telah mengadakan serial seminar “Introduction to Learning Disability dan Neuropsychology” sejak tahun 2014 dengan peserta antara lain  orang tua, guru SD, TK, PAUD dan kelompok bermain.  Dalam acara seminar ini membahas tema seputar kesulitan belajar dan neuropsychology dimana dijelaskan lebih detail dalam buku-buku karangan Dr. (Candt). Melani Arnaldi, M.Psi., Psi.

Beberapa tema yang telah diangkat dalam seminar adalah:

  • Kupas Tuntas Masalah Anak Attention Deficit / Hyperactivity Disorder
  • Kupas Tuntas Masalah Anak Attention Deficit Disorder
  • Kupas Tuntas Masalah Anak Slow Learner (Keterlambatan Fungsi Bicara dan Bahasa)
  • Dyscalculia
  • Speech Delay (Keterlambatan Fungsi Bicara dan Bahasa)
  • Kupas Tuntas Meningkatkan Motivasi Belajar di Sekolah Dasar

Beberapa tema yang akan datang:

  • Kupas Tuntas Proses Pembelajaran sebagai Proses Neuroplastisitas di Otak
  • Kupas Tuntas Sensori Integrasi (Sensory Processing Disorder)
  • Dyslexia
  • Manic-Deppressive

Diharapkan dengan kegiatan ini maka wacana kesulitan belajar akan semakin meluas dan menjadi isu utama dalam pendidikan Indonesia.  Klinik Psikoneurologi Hang Lekiu berharap para pemangku kepentingan dari pendidikan dan pihak-pihak yang bersinggungan dengan anak kesulitan belajar yaitu orang tua, guru SD, SMP, SMA, manajemen sekolah, dan terapis anak kesulitan belajar baik psikolog maupun terapis mengetahui isu terbaru terkait kesulitan belajar dan neurpsikologi.

Untuk informasi terbaru acara seri “Seminar Introduction to Learning Disability & Neuropsychology” dapat menghubungi sdr. Agus (08561785391 wa/sms). Atau cek di web kami www.klinikanakkesulitanbelajar.wordpress.com, Facebook : Klinik Anak Kesulitan Belajar dan Instagram: @psikoneurologi_hang_lekiu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.