TERAPI KETERLAMBATAN BICARA, MEMBACA DAN MENULIS PADA ANAK BALITA

LATAR BELAKANG KETERLAMBATAN BICARA (SPEECH DELAY)?
Orang tua seringkali mengabaikan keterlambatan bicara pada perkembangan awal usianya. Keterlambatan bicara atau yang biasa disebut speech delay mempengaruhi kemampuan anak untuk memahami sesuatu, menulis, dan membaca. Pendapat ahli Gierut (Kumara, 2014) mengemukakan bahwa setidaknya 10% anak usia prasekolah mengalami masalah fonologi ketika berkomunikasi.

Keterlambatan bicara 1

Dari gambar di atas terlihat bahwa kemampuan bicara dan berkomunikasi mengawali kemampuan switching memory anak di dalam membaca dan menulis. Dari diagram di atas dapat terlihat apabila anak mengalami hambatan dalam kemampuan bicara, maka otomatis akan mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis pada saat anak memasuki usia sekolah.

Keterlambatan bicara 2

Seperti yang kita ketahui kemampuan bicara berbahasa dan komunikasi merupakan dasar terbentuknya hubungan social dengan dunia luar. Seorang anak akan dianggap siap memasuki dunia apabila dia dapat berkomunikasi dengan baik. Proses perkembangan kecerdasan anak hanya berkembang 80% hingga usia 8 tahun oleh sebab itu 8 kemampuan dasar seperti: bermain, bersosialisasi, emosional, berpikir, problem solving, perilaku, belajar, menulis, dan membaca harus dicapai anak pada usia 8 tahun. Keterlambatan intervensi yang dilakukan akan menyebabkan keterlambatan perkembangan otak pada tahap selanjutnya.

PENDAPAT AHLI TENTANG FUNGSI PERKEMBANGAN OTAK BAHASA

Piaget (1964) menjelaskan:
Tahapan perkeembangan otak bahasa pada anak balita.  Setiap batasan usia memiliki tugas tertentu yang akan mencapai fungsinya secara optimal. Ketika anak punya kemampuan bahasa, anak juga memiliki kemampuan bermetafora. Kemampuan bermetafora sejalan dengan berkembangnya kemampuan kognitif.

Berbahasa memiliki struktur yang kompleks dan dipelajari dari lingkungan
Kemampuan berbahasa tidak muncul secara alamiah, melainkan MELALUI PROSES INTERAKSI yang terus menerus.

Level perkembangan kognitif
Terbagi menjadi 2: Usia 0-2 tahun (masa sensori motorik) dan 2-6 tahun (masa pra-operasional).

Keterlambatan bicara 3.jpg

Pada masa sensori motorik, anak dapat merasakan sensitivitas pada anggota gerak dan panca indera. Pada masa pra-operasional, anak dapat membuat persepsi dan membuat perspektif secara simbolik pada dunia sekitarnya.

TEKNIK TERAPI WICARA DAN MEMBACA

TERAPI WICARA
Terapi wicara dilakukan dengan metode metakognitif yang ditujukan tidak hanya untuk membantu anak mengatasi masalah kemampuan motorik bicara, tetepi juga meningkatkan kemampuan self awreness anak, phonological, phonem awareness.

Kemampuan tersebut akan mempermudah proses pemanggilan memory secara otomatis sehingga anak akhirnya dapat berbicara dengan baik dalam waktu kurang lebih 6 bulan.

TERAPI MEMBACA
Terapi membaca dengan menggunakan metode metakognitif akan melatih tidak hanya kemampuan anak mengenali huruf dan kelancara membaca, tetapi juga kemampuan pemahaman. Seperti yang Kita ketahui, banyak sekali masalah anak dalam proses belajar diantaranya adalah ketidakmampuan anak memahami soal sehingga jawaban yang diberikan tidak tepat.

Masalah kemampuan membaca pada anak akan menjadi fokus utama apabila anak memasuki dunia sekolah. Di sekolah dasasr anak diharapkan dalam waktu 3 bulan sudah bias membaca buku bacaan dan dalam waktu 6 bulan anak sudah mampu memahami bacaan untuk kemudian dievaluasi dalam ujian sekolah.

Kemampuan membaca anak, sampai dengan kemampuan pemahaman membutuhkan waktu 6 bulan. Sehingga, anak akan menglami kesulitan belajar di sekolah dasar apabila saat masuk sekolah belum dapat membaca.

TERAPI MENULIS
Terapi menulis berkaitan dengan motorik halus untuk dapat mengkoordinasikan fungsi attentionnya dengan fungsi memory. Anak yang tidak dapat mempertahankan attention-nya pada umumnya sulit menulis dengan baik. Hal ini akan menjadi masalah pada saat anak memasuki dunia sekolah. Masalah kemampuan menulis akan menjadi indikator sejauh mana anak akan dapat mempertahankan attention-nya saat anak belajar

CIRI-CIRI ANAK DENGAN KETERLAMBATAN BICARA
Berikut tanda-tanda hambatan komunikasi pada anak:
• Tidak melakukan kontak mata
• Tidak mengucapkan kalimat dengan benar
• Tidak komunikasi dua arah
• Hanya memiliki kosakata di bawah 50 kosakata.

FREKUENSI & JADWAL
Terapi dilakukan seminggu 4 kali. Idealnya, Terapi berlangsung selama 12 minggu (setidaknya 3 bulan) dan dilakukan secara konsisten. Keputusan dan penjelasan berapa lama terapi dilakukan dapat dijelaskan saat konsultasi.

BIAYA
Hanya Seminggu 4 kali 800.000 rupiah per bulan*

Kontak Person
Agus (08561785391)
Muhbikun (082213386726)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.